Perusahaan AS Ini Bakal Investasi Rp 210 T di Industri Gasifikasi Batu Bara RI

Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal menandatangani Nota Kesepahaman dengan Air Products and Chemicals, Inc (APCI) pada Kamis, 4 November 2021 di Dubai yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Perusahaan tersebut bakal berinvestasi pada proyek senilai US$ 15 miliar atau setara Rp 210 triliun di bidang industri gasifikasi batu bara dan turunannya.

Kesepakatan investasi besar dan berjangka panjang ini berupa pendirian fasilitas gasifikasi untuk konservasi batu bara bernilai rendah menjadi produk kimia bernilai tambah tinggi seperti methanol, DME (Dimethyl Ether), dan bahan kimia lainnya.

Kerja sama ini ditujukan untuk mendorong hilirisasi sumber daya alam dan meningkatkan substitusi impor. “Ini adalah sebagai bentuk penerjemahan visi besar Presiden RI termasuk dalam transformasi ekonomi dan hilirisasi industri. Total nilai investasi yang disepakati tadi mencapai US$ 15 miliar,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 November 2021.

Bahlil menjelaskan bahwa dalam kesepakatan tersebut, APCI akan bekerja sama dengan BUMN dan pengusaha nasional di beberapa lokasi, seperti Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam menerapkan model investasi yang kolaboratif dan inklusif.

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1525617/perusahaan-as-ini-bakal-investasi-rp-210-t-di-industri-gasifikasi-batu-bara-ri/full&view=ok

Contact Us!