Effective Supervisor

Deskripsi

Peran seorang pengawas di dalam perusahaan memegang peranan yang cukup penting, karena seorang pengawas (supervisor) merupakan jembatan antara karyawan, manajemen dan konsumen sehingga dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang lebih dari karyawan pada umumnya.

Dimata karyawan, seorang supervisor adalah perpanjangan tangan dari pihak manajemen namun dimata pihak manajemen seorang supervisor adalah perwakilan dari kinerja dan produktifitas karyawan. Dengan melihat hal tersebut, maka peranan supervisor sangat penting dan dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang khusus pula.

 

Tujuan

  • Peserta dapat memahami tentang arti, peran dan tugas seorang supervior .
  • Peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi tekanan pekerjaan dan konflik di lingkungan kerja.
  • Peserta dapat memotivasi diri untuk bertindak serta berupaya meraih peluang dan keberhasilan.
  • Peserta dapat menggunakan metode-metode pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Peserta dapat membina hubungan, membangun jaringan (networking) serta membangun hubungan berdasarkan kepribadian.
  • Peserta dapat mengidentifikasi berbagai sumber konflik yang paling umum dijumpai dalam suatu organisasi dan mengetahui cara yang efektif untuk mengatasi konflik.
  • Peserta dapat memahami proses perencanaan serta mengenal Gantt Chart dan PERT chart.
  • Peserta dapat memahami peran seorang Coach dan proses coaching dalam meningkatkan kinerja anggota tim.
  • Peserta dapat memahami tentang konsep Kepemimpinan Situasional dan mampu menentukan level pengembangan setiap anggota tim serta mengetahui gaya kepemimpinan yang efektif untuk setiap level pengembangan.

 

Course Outline

Day 1

Keterampilan Pribadi

Bagian 1
Peran Supervisor dalam Manajemen

1.1. Pengertian dan Posisi Supervisor
1.2. Peran Supervisor
1.3. Tugas Supervisor
1.4. Sikap yang Diharapkan Dari Seorang Supervisor.
1.5. Keterampilan Yang Harus Dikembangkan Oleh Seorang Supervisor

Bagian 2
Manajemen Stress

2.1. Definisi Stress
2.2. Gejala Stress
2.3. Penyebab Stress
2.4. Cara Mengatasi Stress

Bagian 3
Motivasi & Kepercayaan Diri

3.1. Pengertian Motivasi
3.2. 4 Elemen Motivasi
3.3. Tipe Motivasi
4.3. Keterampilan Dalam Self-motivation
4.4. Menjaga Motivasi Diri

Bagian 4
Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan

4.1. Mengenali Gejala Permasalahan.
4.2. Mencari Akar Permasalahan
4.3. Mencari Solusi Permasalahan
4.4. Gaya Pengambilan Keputusan

Day 2

Keterampilan Antar Pribadi

Bagian 5
Komunikasi & Membina Hubungan

5.1. Dasar Keterampilan Sosial
5.2. Komunikasi : 6 Cara Membuat Orang Lain Menyukai Anda
5.3. Membangun Hubungan Berdasarkan Kepribadian: DISC

Bagian 6
Teknik Negosiasi

6.1. Berpikir menang-Menang
6.2. Mencari Kesepakatan

Bagian 7
Manajemen Konflik

7.1. 5 Strategi Utama Dalam Manajemen Konflik
7.2. Menghargai Perbedaan.
7.3. Mewujudkan sinergi.
7.4. Mencari Alternatif Ketiga

Bagian 8
Pembimbingan (Coaching)

8.1. Peran Seorang Pembimbing (Coach)
8.2. Perbedaan Coaching, Counseling dan Mentoring
8.3. Coaching Process

Bagian 9
Membangun Tim & Kepemimpinan SItuasional

9.1. Membangun Tim : The Whole Person Paradigm
9.2. Mengukur Gaya Kepemimpinan Anda.
9.3. Kepemimpinan Situasional

 

Penjelasan Penyelenggaraan

Metode Pelatihan
Instruktur akan menyampaikan pelatihan secara:

  • Practical, dilengkapi dengan contoh–contoh dan form yang langsung dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Inspiring, yang akan membuat peserta tergerak untuk menerapkannya di tempat kerja.
  • Enjoyable, yang akan membuat peserta rileks dan antusias selama pelatihan.

Bahasa Pengantar
Bahasa Indonesia

Fasilitas
Handout, coffee break dan lunch

Contact Us!